Pemkab Sambas Tetap Antisipasi Rabies

Dari 1.068 Korban Rabies, 19 Orangnya Tewas

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Perikanan Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Sambas, Ir Ilham Sehan mengatakan, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran penyakit rabies di Kabupaten Sambas, phaknya melakukan penyuntikan terhadap anjing di beberapa kecamatan.

“Kita sedang melakukan penyuntikan kepada anjing di beberapa kecamatan, di mulai dari Kecamatan Subah, selanjutnya ke Sajingan, Subah, kemudian ke Tebas, Pemangkat serta kecamatan lainnya,” ujar Ilham Sehan, Selasa (21/2).

Penyuntikan vaksin rabies terhadap anjing menurut Ilham, diutamakan di daerah-daerah perbatasan dengan kabupaten lain.

“Kita utamakan wilayahyang berbatasan langsung dengan daerah lain,” katanya.

Sesuai data pada 2016 lalu, jumlah populasi anjing terhitung banyak di beberapa kecamatan. Misalnya di Kecamatan Tebas yakni dari tiga Desa sudah hampir 900 ekor, yakni di Desa Seret Ayon 300 ekor,Maribas 250 ekor, Seberkat 350 ekor. Dan data ini merupakan anjing yang ada pemiliknya, belum ditambah anjing liar.

Sementara pada 2016 juga, di Kabupaten Sambas telah ada empat kasus gigitan yang dilaporkan, yakni dua gigitan anjing, satu gigitan kucing serta satu gigitan kera. Semuanya telah dilakukan tindakan dan hasil negatif rabies.

(Gindra/Faisal)

Related Posts