42 Anak TK Kunjungi Pemadam Kebakaran Panca Bhakti

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 42 anak Taman Kanak-Kanak (TK) Bina Islam 45 jalan Kom Yos Sudarso, Gang Kelontan 1, Pontianak Barat, mengunjungi Markas Pemadam Kebakaran Panca Bhakti Pontianak, pada Kamis (23/2) siang.

Kedatangan anak TK ini dalam rangka program sekolah untuk kunjungan yang berkenaan dengan pembelajaran sekolah.

Kepala Sekolah TK Bina 45 Pontianak Barat, Siti Hawati, mengatakan, dalam kunjungan ke Pemadam Kebakaran Panca Bhakti Pontianak bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang tata cara pemadaman api.

“Biasanya kan anak-anak senang dengan api, apa lagi kalau di rumah senang memainkan korek api, nanti dia tidak tau kalau kecilnya dan kalau sudah besar apinnya, antisipasi seperti apa,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Siti juga menyampaikan, jika seandainya ada terjadi kebakaran, jadi anak-anak sudah tahu fungsinya.

Menurut Siti Hawati, banyak hal yang didapat dari kepala pemadam kebakaran sudah menjelaskan serta menyampaikan kepada anak-anak dan orang tua yang mendampingi anak-anak mereka.

“Tadi sudah disampaikan Ilmu-ilmu tentang mengantisipasi terhadap pengendalian pemadaman kebakaran, dari hal yang kecil sampai hal yang besar, dari api yang kecil sampai yang besar, jadi itu untuk pemahaman kepada anak, sekalian mengembangkan pembelajaran yang sudah diteorikan di sekolah lalu kita praktekan langsung,” jelasnya.

Dari praktek yang dilakukan, para anak-anak tersebut juga dikenalkan beberapa fungsi alat pemadam, yang dimulai dari sepatu anti bara dan setrum, serta pakaian anti bara dan api.

Dalam praktek langsung yang dilakukan, tampak kegembiraan dari 42 anak TK tersebut ketika didampingi oleh instruktur untuk memadamkan api dari tabung gas dan memegang selang semprot yang dialiri air.

(Maulidi/Muh)

Related Posts