Asyiknya Bermain Kano di Sungai Terpanjang di Indonesia

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Permainan perahu kano di Sungai Kapuas, yang menjadi sungai terpanjang di Indonesia ini, menjadi satu diantara pilihan warga Kota Pontianak untuk menghabiskan akhir pekan mereka di sore hari.

Permainan air ini cukup digemari masyarakat lantaran biaya yang cukup terjangkau, karena dengan merogoh kocek Rp15 ribu, warga sudah bisa bermain kano selama satu jam, sehingga tidak heran permainan yang masih terhitung baru di Pontianak ini disambut antusias warga Pontianak.

Selama bermain kano, para pemain olah raga air ini disungguhi pemandangan tepian sungai kapuas yang indah, dengan deretan rumah panggung sisa peninggalan Belanda, yang masih kokoh serta kebudayaan lokal yang tetap dilestarikan oleh warga sekitar.

Kawasan Gang Kamboja Kelurahan Benua Melayu Laut Kecamatan Pontianak Selatan adalah satu diantara tempat destinasi wisata bermain perahu kano yang cukup ramai dikunjungi, dari dalam dan luar kota Pontianak.

Iin salah seorang yang bermain kano mengatakan, dirinya cukup menikmati permainan tersebut. Walaupun ia mengaku belum mahir berenang namun ia merasa keselamatannya cukup terjamin.

“Baru pertama kali nyoba, asyiklah, ekstrem, karena saya kurang pandai berenang, tapi amanlah, ada baju pelampungnya,” ucap warga Kota Pontianak itu, Minggu (26/2).

Sementara itu, Rama, satu di antara pemilik perahu kano di kawasan Kamboja ini mengatakan, dirinya sudah dua bulan terakhir menjadi penyedia jasa sewa perahu kano. kini ia sudah memiliki 15 perahu kano untuk para penggemar olah raga air tersebut.

Sedangkan untuk keselamatan bagi warga yang bermain perahu kano di tepian sungai kapuas, Rama menyediakan baju pelampung standar keselamatan.

“Paling ramai yang bermain di sini pada akhir pekan, yaitu pada Sabtu-Minggu, kira juga sudah pakai baju pelampung dan dilakukan pengawasan untuk keselamatan,” tuturnya.

Dengan adanya destinasi tempat wisata baru ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota pontianak, sehingga bisa mendongkrak perekonomian warga sekitar.

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts