Vihara Sak Ku Thai Bong di Singkawang Terbakar

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – Vihara Sak Ku Thai Bong (Vihara Raja Batu) yang berada di Jalan Raya Sijangkung, Kelurahan Sijangkung, Kecamatan Singkawang Selatan di lahap si jago merah pada  Selasa (28/2) sekitar pukul 11.40 WIB.

Menurut keterangan saksi di tempat kejadian yeng merupakan penjaga vihara yang bernama Aphuy 68 mengatka, dirinya tidak tahu pasti penyebab kebakaran, karena pada saat kejadian dirinya sedang berada di rumah.

“Waktu itu saya pulang sekitar pukul 10.00 WIB untuk istirahat. Namun tak lama kemudian saya diberi tahu bahwa vihara sudah terbakar,” katanya.

Dikatakannya, pada saat dirinya pulang kondisi vihara sudah tertutup. Dan seperti biasa pada saat itu lilin yang berada di vihara tersebut sedang dalam keadaan menyala.

“Saya tidak tahu pasti kejadianya.  Karena saya di beritahukan oleh teman saya,” ujarnya.

Hal senada juga di ungkapkan penjaga vihara lain bernama Alin.  Dirinya mengaku saat kejadian dirinya berada di rumah.

“Saya pulang istirahat sekitar pukul 11.00 WIB, dan tidak terjadi apa-apa,” katanya.

Mendapatkan informasi jika vihara terbakar, dirinya langsung bergegas menuju vihara, namun pada saat dirinya sampai di lokasi api sudah membesar, selanjutnya pemadam kebakaran berdatangan ke lokasi itu.

Kapolres Singkawang AKBP Sandi Alvadien mengatakan jika pihaknya menerima laporan sekitar pukul 11.40 tentang kebakran vihara tersebut, kemudian anggota langsung menuju TKP.

“Ketika anggota bersama pemadam datang api telah berkobar cukup besar. Dan saat itu kurang kebih tujuh sampai delapan pemadam yang di kerahkan,” katanya.

Pihaknya masih melakukan lidik terkait penyebap kebakaran vihara tersebut. Karena menurut dia pada saat kebakaran para penjaga masih dalam keadaan makan siang, dan keadaan vihara masih salam keadaan terkunci.

“Yang jelas pernyebab kebakaran masih dalam lidik.Dan kita akan memeriksa saksi-saksi untuk mengidentifikasi penyebab kebakaran vihara itu,” jelasnya.

Sementara pantauan wartawan di lapangan, sedikitnya kurang lebih 7 pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan sijago merah yang melahap vihara tersebut.

Akibat kebakaran itu, sepanjang jalan raya Sijangkung mengalami kemacetan lantaran ramainya warga yang penasaran akan kejadian terbakarnya vihara tersebut.

(Mizar/Faisal)

Related Posts