Pasukan Sniper Ikut Amankan Raja Salman di Bali

Bali, thetanjungpuratimes.com – Kodam IX Udayana dan Polda Bali menerjunkan penembak jitu di sejumlah titik untuk memastikan keamanan penuh bagi Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud dan rombongan yang akan berlibur selama hampir sepekan di Pulau Dewata.

“Kami siapkan pasukan dengan kemampuan khusus di titik-titik yang dianggap bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Pangdam Udayana Mayjen Kustanto Widiatmoko usai memimpin apel kesiapan pengamanan gabungan VVIP di Lapangan Lagoon Nusa Dua, Kabupaten Badung, Jumat (3/3).

Raja Salman dan rombongan akan bertolak ke Bali besok malam dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Raja Salman akan berada di Bali sejak tanggal 4 sampai 9 Maret mendatang. Dari Bali, Raja Salman akan melanjutkan kunjungan kenegaraan ke Cina dan Jepang.

Mayjen Kustanto menjelaskan, TNI dan Polri bersama pemerintah daerah mengerahkan 2.500 personel untuk mengawal Raja Arab dan rombongan, termasuk petugas khusus di antaranya petugas antiteror dan penjinak bahan peledak.

Pengamanan Raja Salman akan dibagi dalam tiga lapis, sesuai prosedur pengamanan pejabat negara sangat penting. TNI dan Polri bertugas di ring dua dan tiga, sedangkan ring satu yang melekat dengan Raja Arab Saudi adalah tugas Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres dan pasukan pengawal Kerajaan Arab Saudi, selain tim dari TNI yang diperbantukan kepada mereka.

Mengenai pengamanan pesawat kerjaaan, TNI dan Polri berjaga-jaga di ring dua, sedangkan pengamanan melekat di ring satu menjadi tugas tim Arab Saudi sendiri.

Raja Arab Saudi akan mendarat di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai esok Sabtu sekitar pukul 17.45 WITA dan menginap di lima hotel mewah di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

(Rimanews/Faisal)

Related Posts