Program Percobaan Tanam Bawang Merah di Kubu Raya Memuaskan

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.om  – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pertanian Kubu Raya mengembangkan program penanaman bawang merah di Desa Korek Kecamatan Sungai Ambawang, Jumat (3/3).

Program bawang merah yang dikembangkan di lahan seluas dua hektar di Desa Korek tersebut sudah memasuki masa panen.

Panen bawang merah tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Kubu Raya Rusman Ali didampingi Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kubu Raya Gandhi Satyagraha, Camat Sungai Ambawang serta SKPD dan Ketua Gapoktan Mitra Mandiri Desa Korek.

“Panen bawang ini dari Gapoktan Mitra Mandiri Desa Korek yang dipinpin oleh Ir. Abbas, ini merupakan program percobaan di Kubu Raya,” kata bupati.

Menurutnya, dengan luas lahan yang di lakukan percobaan ini seluas dua hektar, yang hasilnya sangat luar biasa. Ini artinya bahwa kita jugavmemiliki potensi yang tidak kalah baik dengan wilayah-wilayahvpenghasil bawang di daerah Jawa dan Sumatera.

Menurutnya, luas penanaman bawang merah itu sementara ini 2 hektar lahan yang dikembangkan untuk ujicoba. Hasil produksinya juga sangat baik dan diprediksi bisa mendapatkan hasil panen mencapai 3-4 ton per hektare. Ke depan, sehingga untuk nanti diharapkan program tersebut dapat terus dijalankan, sehingga produksi bawang merah di Kubu Raya semakin meningkat.

Bupati sangat mendukung program sektor pertanian tanam bawang merah yang menurutnya kedepan Kabupaten Kubu Raya dapat menjadi sentra komuditi pertanian unggulan. Dan akan dilakukan pengujian wilayah-wilayah mana saja yang dapat dikembangkan untuk pengembangan bawang merah di Kubu Raya.

“Harapan kita Kabupaten Kubu Raya dapat menjadi sentra produksi pertanian sejumlah komuditi, bukan hanya padi dan jagung saja, tetapi komoditi lainnya juga,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya Gandhi Satyagraha menuturkan bahwa Kubu Raya memiliki banyak potensi holtikultura yang dapat dikembangkan.

Untuk tanaman bawang merah di Kubu Raya, katanya akan dilakukan penelitian yang lebih lengkap, agar dapat data yang lebih lengkap dalam mengembangkan tanaman bawang di Kubu Raya.

“Dari hasil panen kita hari ini, menunjukan bahwa potensi kita sangat luar biasa. Dan ini akan terus kita coba kembangkan, munkin juga di Kecamatan yang lain memeiliki potensi yang sama,” ucapnya bangga.

Untuk itu, phaknya akan terusdi lakukan kajian, dan penelitian agar program tersebut, sebagaimana program Bupati Kubu Raya agar semua kegitan tepat sasaran, tepat guna dan tepat waktu. Sehingga petani diuntungkan oleh semua program-program pemerintah.

(Viky/Faisal)

Related Posts