Ribuan Paku Dicabut dari Pohon

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Sepanjang bulan Februari ribuan paku, dan puluhan reklame dicabut dari pohon dari sejumlah ruas jalan di Kota Pontianak.

Pencabutan paku tersebut dilakukan lewat Aksi Sayangi Pohon Kote Kite yang digagas oleh  pegiat lingkungan, komunitas dan tim dari Bidang Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pontianak. Aksi ini selaras dengan keinginan menciptakan Pontianak yang teduh dan menjaga Ruang Terbuka Hujau (RTH).

Eko, Kasi Pengembangan Taman dan Ruang Terbuka Hijau Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pontianak menyatakan tak semestinya paku, dan reklame berada di pohon.

“Seperti halnya manusia dan hewan, tumbuhan juga merupakan makhluk hidup yang harus dirawat, dipelihara dan disayangi. Memaku pohon berarti sama juga kita menyakiti pohon yang ada. Andaikan mereka bisa bicara, mungkin mereka akan teriak kesakitan,” ucapnya, Jumat (3/3).

Keberadaan paku di suatu pohon katanya, juga dapat mengganggu kesehatan pohon tersebut. Pihaknya pun terus melakukan edukasi pada masyarakat dan aksi lanjutan.

Harapannya, makin banyak masyarakat yang memperhatikan dan peduli dengan keberadaan pohon. Hal itu dapat ditunjukkan masyarakat dengan hal sederhana, seperti tidak memaku pohon.

“Untuk reklame yang ada di pohon, dari Satpol-PP dan Dispenda juga rutin melakukan operasi atau razia,” imbuhnya.

Saat ini tindakan represif memang belum dilakukan. Namun bukan tidak mungkin ke depan, mereka yang masih memaku pohon akan ditindak pidana ringan. Sebagaimana warga yang dengan sengaja tanpa izin dari dinas terkait melakukan penebangan dan pengrusakan terhadap pohon.

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts