Mahasiswa Sambas Berharap Kejadian Pembuangan Bayi Tak Terulang Lagi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Belakangan ini warga Simpang Empat digegerkan dengan penemuan mayat bayi di sungai simpang empat Kecamatan Tangaran Kabupaten Sambas.

Penemuan mayat bayi laki-laki ini ditemukan oleh seorang warga yang hendak lewat di sekitar sungai simpang empat, penemuan mayat bayi ini sangat mengundang keprihatinan dari berbagai kalangan masyarakat.

“Kejadian ini banyak menimbulkan pertanyaan sekaligus keprihatinan, seharusnya bayi yang dirawat oleh orang tuanya malah dibuang begitu saja tanpa ada merasa bersalah sedikit pun,” ujar Wahyu mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura (Untan), Jumat (3/2).

Mahasiswa asal Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas ini berharap agar kejadian seperti itu tidak terulang kembali dan meresahkan banyak masyarakat.

“Agar tidak terulang kembali tentunya harus ada solusi untuk memecahkan masalah ini, yakni dengan mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari semua ini,  apakah kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak atau memang kurangnya pendidikan moral anak sejak kecil, ” ucap Wahyu.

Ia mengatakan, sebelum kejadian ini terulang kembali pencegahan merupakan cara yang terbaik yang dilakukan.

Menurutnya, dalam pencegahan kejadian itu, yang harus dilakukan ialah memberikan pengawasan terhadap anak agar tidak bergaul bebas terhadap lingkungan sekitar. Lingkungan keluargalah yang paling utama memberikan pendidikan moral sejak kecil, karena waktu yang banyak dihabiskan anak tentunya dilingkungan keluarga. Lingkungan masyarakat juga memberikan pengaruh yang besar terhadap pergaulan anak, maka dari itu orang tua perlu memberikan pengawasan.

“Memang sudah seharusnya masyarakat untuk memberlakukan kembali Siskamling agar dapat mengawasi anak-anak dan remaja yang keluar malam tanpa ada tujuan yang jelas,” imbuhnya.

Dia berharap, orang tua dapat memberikan kegiatan yang positif dan mengatur jam belajar dan bermain anak agar mereka merasa diperhatikan.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts