Pria Korut sebut Malaysia Berkonspirasi terkait Kematian Kim Jong-nam

Malaysia, thetanjungpuratimes – Pria Korea Utara yang ditangkap terkait kematian Kim Jong-nam mengatakan dirinya adalah korban konspirasi pemerintah Malaysia.

Ri Jong-chol hari ini mengatakan penangkapannya merupakan “plot” untuk “merusak kehormatan republik (Korea Utara)”, Reuters melaporkan, dikutip dari BBC.

Pernyataannya itu dibuat di depan kantor Kedutaan Besar Korut di Beijing setelah dibebaskan dan dideportasi dari Malaysia pada Jumat.

Ri dibebaskan karena polisi Malaysia tidak memiliki cukup bukti untuk tetap menahannya. Dia menuduh penyelidik Malaysia menggunakan teknik paksaan untuk membuatnya mengaku.

“Jika saya menerima, mereka akan mengatur (agar saya) memiliki kehidupan yang baik di Malaysia,” kata Ri. “Saat itulah saya mulai menyadari kalau ini jebakan. Ini jebakan untuk menurunkan reputasi negara saya.”

Ketika ditanya soal penemuan sebuah mobil atas nama dirinya di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur 2, Ri mengatakan: “(Mobil saya) ada di garasi. Polisi Malaysia juga mengetahuinya.”

Ri mengaku bahwa dirinya memang seorang ahli dalam bidang kimia, tapi pekerjaannya di Malaysia adalah untuk “mengimpor bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan sabun”.

(Rimanews/Faisal)

Related Posts