Bersihkan Gigi dengan Tusuk Gigi, Ini Bahaya yang Mengintai!

Thetanjungpuratimes.com – Ada saat dimana ketika mengonsumsi makanan tertentu ada sisa makanan yang tiba-tiba terjebak di antara sela-sela gigi. Untuk mengeluarkannya, sebagian besar Anda tentu memilih tusuk gigi.

Tapi tahukah Anda bahwa ada dampak yang bisa diakibatkan dari penggunaan tusuk gigi. Dilansir Boldsky, tusuk gigi tak hanya membahayakan bagi gusi namun juga rongga mulut secara keseluruhan.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya menghindari penggunaan tusuk gigi, seperti dilansir dari laman Bokdsky.

1. Menyebabkan abrasi gusi
Gerakan menyodok sisa makanan yang terselip diantara gigi dapat menyebabkan abrasi gusi dan pendarahan. Pada gilirannya hal ini dapat memicu gigi mudah lepas karena gusi menjadi turun.

2. Penyakit gusi

Menggunakan tusuk gigi sesekali saja mungkin tak langsung memicu efek negatif bagi rongga mulut. Namun jika hal ini sudah menjadi kebiasaan maka Anda berisiko mengalami penyakit gusi.

3. Merusak enamel gigi
Ketika seseorang menggunakan tusuk gigi maka mereka cenderung mengunyah tusuk gigi selama beberapa menit. Kebiasaan ini turut menyumbang kerusakan pada enamel gigi.

4. Merusak akar gigi
Sering menggunakan tusuk gigi dapat membuat gusi bergerak turun dari posisi sebenarnya. Selain itu hal ini juga dapat berefek pada kerusakan akar gigi yang menyebabkan rasa nyeri luar biasa.

5. Bau mulut

Tusuk gigi biasanya digunakan untuk mengeluarkan sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi. Namun ketika Anda mengeluarkan sisa makanan yang telah mengendap lama dengan tusuk gigi, hal ini akan memicu bau yang tak sedap.

(Suara.com/Faisal)

Related Posts