Hati-hati, Congek Bisa Sebabkan Ketulian

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Jangan anggap sepele kondisi batuk dan pilek yang dialami buah hati Anda. Pasalnya, hal ini bisa menjadi gejala infeksi telinga tengah yang dialami anak Anda.

Menurut dr Soekirman Soekin Sp.THT, infeksi telinga tengah atau kerap disebut ‘congek’ umumnya didahului batuk, pilek atau radang tenggorok. Jika tidak segera diobati, kondisi ini bisa menjalar ke telinga tengah melalui saluran antara rongga belakang hidung dengan telinga tengah.

“Biasanya disertai demam tinggi, kadang anak muntah dan diare. Jika tidak diobati bisa berlanjut pecahnya gendang telinga, keluar cairan dari telinga (congek) dan terjadi gangguan pendengaran,” ujar dia pada temu media Peringatan Hari Pendengaran Sedunia di Kemenkes Jakarta, belum lama ini.

Soekirman menambahkan pengobatan congek harus tuntas, karena bisa menjadi kronis dan berujung pada kerusakan organ pendengaran meluas dan semakin parah. Jika terjadi pada anak yang sedang belajar bicara dapat mengganggu proses perkembangan bicara dan bahasa.

Tergolong penyakit infeksi, kondisi gangguan pendengaran akibat congekan bisa diatasi dengan pemberian obat tetes telinga. Hal ini dimaksudkan agar infeksi telinga mereda dan gendang telinga yang berlubang dapat menutup sendiri.

(Suara/faisal)

Related Posts