Kenali Tanda Kista Ovarium

Thetanjungpuratimes.com – Kista ovarium adalah kantung padat berisi cairan atau saku berupa kista di dalam atau pada permukaan ovarium. Hal ini telah menjadi sesuatu yang sangat umum, bahkan pada wanita yang masih menjalani masa menstruasi mereka.

Sebagian besar kista ovarium berbentuk kecil dan dan tak menimbulkan gejala apapun. Namun, gejala dapat muncul saat kista tumbuh. Rasa sakit mungkin tajam atau tumpul dan juga dapat datang dan pergi.

Berikut adalah beberapa gejala awal kista ovarium yang harus dikenali perempuan seperti perut kembung, rasa sakit saat bergerak pada bagian usus, pelvic nyeri pada sebelum atau saat menstruasi, nyeri di punggung bawah, pusing dan muntah.

Gejala parah dari kista ovarium yang membutuhkan perhatian medis segera adalah demam dan sulit bernapas. Namun, menemukan kista ovarium pada saat melakukan scan ultrasound bukan berati Anda telah divonis memiliki kanker.

Sebuah penelitian skrining oleh Dr. Usha Menon dari University College London, melalui laporan di jurnal BJOG baru-baru ini menunjukkan, perempuan dengan apa yang disebut “kista inklusi” tidak pada risiko tinggi terjangkit kanker ovarium.

Hal tersebut mematahkan asumsi bahwa adanya kista dalam tubuh wanita adalah vonis awal kanker.

(zeenews/suara.com/dsdespi)

Related Posts