58 Ribu Warga Pontianak Masih Menunggu Blangko E-KTP

e-ktp

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pontianak, Suparma mengungkapkan sampai saat ini sekitar 58 ribu warga Kota Pontianak masih menunggu blanko E KTP, meski sudah melakukan perekaman.

Ia mengaku belum bisa memastikan kapan blanko tersebut dicetak. Karena sampai saat ini fisik dari kartu identitas diri rakyat Indonesia tersebut masih belum tersedia.

“Berdasarkan hasil rapat di Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu, terkait ketersediaan blanko, lelang masih dalam tahap proses. Katanya pertengahan April ini sudah ada,” jelasnya, Jumat (10/3).

Ia menyebut sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan perekam E KTP,  sebab antusias warga yang datang untuk melakukan perekamaan masih tinggi.

Suparma juga menjelaskan saat ini sudah dalam pengambilan blanko dipusat juga sudah tidak boleh dilakukan kota-kabupaten tapi langsung dikoordinir oleh Pemprov.

“Cuma kendalanya apakah provinsi nanti mampu atau lebih bisa membagikan sesuai jumlah kabupaten/kota yang ada. Untuk pusat saja membagikan itu cukup sulit. Permintaan kita jangan dibagi rata, namun disesuaikan dengan jumlah e-KTP,” sarannya.

Jika pembagian dilakukan bertahap, Suparma minta semua dibagi dengan jumlah wajar. Misalnya untuk Pontianak yang butuh 58 ribu blangko, pemberian disesuaikan permintaan awal, 20 ribu. Demikian tahap berikutnya hingga habis. Dia pun tak memungkiri, tak mungkin meminta langsung semua kebutuhan blangko untuk kota.

“Karena kita kalau minta sekaligus tidak bisa, karena distribusinya berdasarkan cetak pusat. Karena pemerintah pusat juga punya mesih terbatas, karena sifatnya lelang, tidak semua mungkin punya ketersediaan mesin untuk sekali cetak seluruh Indonesia,” pungkasnya.

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts