Polsek Ambawang Amankan Wanita Penipu Jual Beli Kendaraan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Polsek Sungai Ambawang berhasil mengamankan seorang wanita yang berinisial J, warga Komplek Palm Permai, jalan Ya’ M. Sabran, Kel. Tanjung Hulu Kec. Pontianak Timur yang diduga melakukan penipuan.

Kapolsek Sungai Ambawang, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Hardik menuturkan peristiwa penipuan tersebut terjadi sekitar tahun 2015 di Perumnas V, Desa Ambawang, Kecamatan Sungai Ambawang.

“Awalnya tersangka ini menawarkan satu unit sepeda motor Honda Vario seharga Rp5 juta kepada korbannya yaitu SF yang merupakan warga Kampung Dalam Bugis, Pontianak Timur,” jelas Hardik, Kamis (9/3).

Menurut Hardik, selanjutnya dibayar secara bertahap dan akhirnya menyisakan kekurangan Rp5 juta, kemudian tersangka kembali meminta kekurangan tersebut dengan alasan untuk pelunasan karena sepeda motor akan diserahkan.

“Akhirnya dilunasi tunggakan tersebut, dan tersangka menyerahkan sepeda motor kepada korban, namun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bukan atas namanya, melainkan atas nama orang lain,” jelasnya.

Kemudian, kata Hadik tersangka mengatakan kepada korban bahwa STNK akan menyusul, kemudian STNK diserahkan kepada korban, dan mengatakan STNK tersebut masih atas nama orang lain, dengan alasan sambil menunggu BPKB datang, baru atas nama korban.

Selanjutnya, Hardik mengatakan bahwa tersangka menawarkan mobil, lengkap dengan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) kepada korban dengan harga yang murah, dan korban tertarik untuk membeli dan menyerahkan uang muka secara bertahap.

“Pertama dibayar DP sebesar Rp20 juta dan sampai akhirnya Rp63 juta dan menyerahkan satu unit mobil KB1123 MN yang diantar kepada korban, dan STNK mobil tersebut juga atas nama orang,” ucapnya.

Namun pada saat itu, korban menanyakan kenapa STNK atas nama orang lain, namun tersangka menjawab nanti setelah BPKB baru datang dijanjikan satu tahun akan datang.

“Kemudian pelaku kembali menawarkan mobil baru yang mana korban menyerahkan lagi sehingga korban mengalami kerugian berjumlah Rp32 juta.

Atas kejadian tersebut, Polsek Sungai Ambawang melakukan pengamanan terhadap tersangka, serta barang bukti berupa satu unit Honda Vario KB 5828 MG warna abu-abu, satu unit Honda Vario KB 4294 NY warna putih, satu unit Honda VBR KB 3630 MN, satu unit Yamaha Mio soul warna hitam tanpa plat, dan satu unit mobil merk Sirion warna biru KB 1123 MN.

Selain itu, juga akan dilakukan pengembangan yang kemungkinan masih ada korban lain serta melakukan penyelidikan kepada pihak leasing, dan untuk tersangka akan dikenakan persangkaan pasal 372 dan atau Pasal 379.

(Maulidi/Faisal)

Related Posts