26 Speed Layani Masyarakat di Jalur Kapuas

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Sungai Kapuas masih menjadi urat nadi perekonomian masyarakat Kapuas Hulu, khususnya bagi masyarakat kecamatan Embaloh Hilir, Embaloh Hilir, Jongkong, Selimbau dan Suhaid.

Masyarakat di empat kecamatan tersebut masih dominan mengandalkan transportasi sungai untuk segala aktifitas sosial ekonomi, hingga urusan pemerintahan ke Putussibau.

Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu menyatakan, sejauh ini ada 3 perusahaan yang menyajikan jasa tranportasi umum sungai. Ketiga perusahaan tersebut mencakup tiga rute pelayanan di sepanjang sungai Kapuas.

“Sejauh ini ada 3 perusahaan yang melayani masyarakat di jalur Kapuas. Masing-masing perusahaan punya satu rute, Putussibau-Bunut Hilir, Putussibau-Embaloh Hilir dan Putussibau-Suhaid. Keseluruh armada dari tiga perusahaan itu berjumlah 26 speed,” ujar Kepala Bidang Lalin Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan pada Dishub Kapuas Hulu, Aleksius Bulin, Minggu (12/3).

Trayek angkutan sungai di Kapuas Hulu, kata Bulin, disesuaikan dengan  Peraturan Daerah Nomor 8 tahun 2015 tentang pelabuhan. Perda tersebut mengatur izin trayek speed.

“Trayek angkutan sungai ini ada batas maksimal dan minimal sesuai Perda. Selain itu memang diatur pula tentang retribusinya,” terang Bulin.

Masing-masing speed, kata Bulin, maksimal mengangkut 6 orang, supir dan penumpang. Satu speed boat tersebut maksimal muatannya 500 kg, itu juga sudah termasuk orang dan barang. Sebelum berlayar, ditegaskan Bulin, driver atau motoris speed harus  ada Surat Izin Belayar (SIB) dari petugas perhubungan.

“SIB ini harus selalu dikantorngi sang driver atau motoris setiap berangkat membawa penumpang dari Putussibau ke tujuan trayeknya masing-masing. Perhubungan sendiri sudah ada petugas di dermaga yang mengawasi kelayakan berangkat masing-masing speed, kalau layak akan diberikan SIB, jika tidak layak maka akan ditunda keberangkatannya,” ujar Bulin.

Terkait tarif trayek, kata Bulin, pihaknya sudah menentukan batas bawah pada masing-masing rute. Adapun yang sudah ditetapkan diantaranya Putussibau-Bika Rp 10.878, Putussibau-Manday Rp 8.288,00, Putussibau-Embaloh Hilir Rp 23.310, Putussibau-Bunut Hulu Rp 30.562, Putussibau-Boyan Tanjug Rp 45.584, Putussibau-Pengkata, Rp 55.426, Putussibau-Jongkong Rp 85.470, Putussibau-Tepuai Rp 60.606.

Kemudian untuk rute Putussibau-Sejiram, kata Bulin, Rp 88.060, rute Putussibau-Semitau 96.866, Putussibau-Suhaid Rp 101.528, Putussibau-Silat 104.118, Putussibau-Embaloh Hulu Rp 47.656, Putussibau-Batang Lupar Rp 63.714, Putussibau-Badau Rp 88.578, Putussibau-Empanang Rp 97.902, Putussibau-Puring Kencana Rp 109.816.

“Pemberlakuan traif trayek batas bawah ini sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 58 tahun 2007,” pungkasnya.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts