Lahan Pemakaman Tionghoa Terbakar di Bukit Sebedang

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kebakaran lahan di komplek perkuburan Tionghoa terjadi pada Kamis (16/3) siang. Kebakaran menyebabkan sekitar tiga hektare lahan di Bukit Sebedang, Kecamatan Sebawi dekat lokasi pemakaman tionghoa terbakar. Api baru berhasil dipadamkan pada pukul 14.00 WIB.

Sekertaris Badan Pemadam Kebakaran Sambas, Yakob Pujana, mengatakan, bahwa pihaknya bersama BPK Bhakti Mulya Tebas bekerja keras untuk memadamkan api.

“Selain lokasi kebakaran yang sulit dijangkau lantaran berada dilahan diperbukitan, kebakaran juga terjadi pada beberapa titik. Selain itu air dari tangki mobil harus disambung sepanjang 300 meter untuk mencapai titik api,” ujar Yakob, Kamis (16/3).

Dua unit mobil tangki pemadam dari BPK Sambas dan Tebas terpaksa bolak balik mengisi air di danau Sebedang untuk memadamkan api.

Dirinya berharap untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, pihak pemda dapat membantu dengan pengadaan mobil tangki pemadam kebakaran.

“Diharapkan untuk mengantisipasi karhutla pihak pemda dapat membantu pengadaan mobil tangki pemadam untuk BPK Sambas, karena mobil tangki yang dimiliki hanya satu. Ini tentunya jauh dari memadai untuk sebuah unit damkar di ibu kota kabupaten Sambas,” ucapnya.

(Gindra/Muh)

Related Posts