Khasiat Air Alkali Ternyata Bohong Belaka

Thetanjungpuratimes.com – Air alkali belakangan menjadi populer di masyarakat karena khasiatnya yang diklaim lebih sehat dibandingkan air biasa.

Air alkali sendiri memiliki pH basa sehingga diyakini dapat menetralisir sifat tubuh yang asam sehingga rentan jatuh sakit.

Namun, menurut dokter spesialis Urologi Siloam Kebon Jeruk, Marto Sugiono, konsumsi air alkali yang disebut lebih sehat hanya akal-akalan marketing saja pasalnya air ini justru dapat menyebabkan dampak negatif bagi tubuh khususnya bagian lambung.

“Bukan berarti kencing akan jadi basa setelah minum air alkali. Jujur saja itu terbalik sebenarnya. Kalau minum air alkali, lambung akan kena maag karena memicu pengeluaran asam dari lambung,” ujar dia pada temu media di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Selasa (14/3/2017).

Ia menambahkan, urin yang bersifat basa memang dibutuhkan pada kondisi ketika pasien mengalami penyakit batu ginjal. Namun bukan dengan metode mengonsumsi air alkali.

Pasien harus mengonsumsi obat bernama kalium citrat untuk mempermudah melarutkan endapan batu ginjal.

“Jadi nggak masuk akal, minum air alkali biar urin menjadi basa. Kalau mau urin basa ada obatnya itu. Jadi minuman kayak gitu karena kepentingan marketing saja,” pungkas dia.

(Suara.com/dsdespi)

Related Posts