Polresta Pontianak, Amankan Mobil Bermuatan Bawang Merah Malaysia

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Polresta Pontianak telah mengamankan satu unit mobil jenis kijang warna putih yang dikemudikan oleh pria berinisial SPS dan kernetnya yaitu JR, di jalan Budi Karya Pontianak Selatan.

Mobil tersebut diamankan karena bermuatan bawang merah yang berasal dari Malaysia dengan jumlah 60 karung dengan masing-masing karung seberat 20 kilogram.

Kasat Reskrim Polresta Pontianak Komisaris Polisi (Kompol) Andi Yul Lapawasean menuturkan, kronologis diamankannya mobil bermuatan bawang merah itu berawal dari informasi masyarakat.

“Kami mendapatkan informasi setelah dilakukan pengecekan ternyata memang betul bermuatan bawang merah dan setelah itu dilakukan penangkapan,” ujar Andi Yul, Senin (20/3).

Bawang merah tanpa dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal serta tidak ada sertifikat dari Balai Karantina tersebut, kata Andi Yul, adalah milik dari seorang pria dengan inisial SM warga Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, yang dibeli dari perbatasan Malaysia-Indonesia tepatnya di Entikong.

“Barang itu dibeli dari orang yang berinisial O, di Perbatasan Entikong Kabuapaten Sanggau dan rencana akan di jual di pasar Flamboyan.

Untuk saat ini, barang bukti bawang merah tersebut telah dibawa ke Mapolresta Pontianak untuk proses lebih lanjut dan terhadap pelaku akan dikenakan pasal 31 ayat (1) jo pasal 5 UU No.16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara.

(Maulidi/Muh)

Related Posts