Air Sungai Kapuas di Pontianak Tak Layak Dikonsumsi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengakui, air yang bersumber dari Sungai Kapuas masih belum layak dikonsumsi. Terlebih pada air yang bersumber dari parit-parit yang tersebar hampir di seluruh kawasan kota, tak layak untuk digunakan.

“Saat ini keadaan air di Kota Pontianak sudah tidak layak untuk dikonsumsi, bahkan untuk mandi saja sudah tidak layak. Untuk sungai Kapuas dan Landak memang masih layak untuk digunakan tapi tidak untuk dikonsumsi. Namun hal itu dibantu dengan produksi air yang diolah oleh PDAM sehingga menjadi layak untuk digunakan,” ungkapnya saat peringatan Hari Air se Dunia ke 25 di Sungai Raya Dalam, pada Rabu (22/3).

Pencemaran dari limbah  yang terjadi di saluran menjadi sebab utama sumber kehidupan manusia tersebut tak layak digunakan. Oleh karena itu kesadaran dari masyarakat menjadi penting untuk menjaga kelestarian lingkungan. Ketegasan dari pemerintah juga menjadi suatu yang patut dan terus ditingkatkan.

Ia menegaskan kepada masyarakat, industry rumahan, restoran, rumah makan dan UMKM lainnya agar tidak membuang limbah langsung ke saluran air. Terlebih pada tempat usaha dan industry. Edi mengharuskan ada tempat pengelohan limbah sebelum membuangnya ke tempat pembuangan.

“Masyarakat harus menjaga parit dan sungai, jangan membuang sampah apalagi limbah langsung, akan ada tindakan tegas yang dilakukan oleh pemerintah jika ketauan,” tegasnya.

Ia pun berharap secepatnya parit-parit  yang ada di Kota Pontianak kembali pada fungsi awalnya. Sebagai saluran drainase, berfungsi sebagai kehidupan semua biota yang ada, tumbuhan dan lainnya.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts