Pusat Pelayanan Tunarungu Hadir di Pontianak

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Rumah Terapi Nobel Kasih yang merupakan pusat pelayanan anak berkebutuhan khusus, penderita tunarungu, hadir di Pontianak, yang berlokasi di Jalan HR A Rahman, Gang Janur, Kecamatan Pontianak Kota.

Penanggungjawab Rumah Terapi Nobel Kasih, Dewi Wulandari, mengatakan, tempat pelayanan khusus anak tunarungu ini baru satu-satunya di Pontianak.

“Rumah Nobel Kasih ini merupakan salah satu bentuk perhatian kami dari Nobel Audiologi Center yang merupakan pusat alat bantu dengar, jadi di sini merupakan pusat pelayanan untuk orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran. Tapi kita lebih fokus pada anak-anak,” katanya usai peresmian tempat tersebut, Sabtu (25/3).

Menurutnya, anak tunarungu di Kalimantan Barat khususnya di Pontianak jumlahnya sangat banyak. Kendalanya susah untuk mendapatkan pemeriksaan. Selama ini mereka harus melakukan pemeriksaan ke Jakarta yang membutuhkan biaya yang besar.

“Jadi bagi anak-anak yang mempunyai gangguan pendengaran di sini mulai dari pemeriksaan sampai ke proses rehabilitasi, itu benar-benar bisa tertangani di sini,” ujarnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, maka akan dilakukan konsultasi untuk menggunakan alat bantu dengar.

“Harapan kita semua pelayanan terkait dengan gangguan dengar di sini semua tersedia,” tambahnya.

Ia mengatakan, gangguan orang dengan tunarungu bisa terjadi dari lahir. Tidak hanya mengalaminya ketika sudah dewasa. Karena di dalam prosesnya kehamilan dan kelahiran bisa terkena virus yang menyebabkan gangguan pendengaran.

Dengan adanya alat bantu dengar untuk penderita tunarungu, diharapkan mampu menciptakan anak yang bisa bersaing dengan anak-anak normal lainnya. Sebab penanganan kasus tersebut sebaiknya dilakukan sejak dini. Semakin awal ditangani maka dampak buruk dari ketidaknormalan pendengaran tersebut bisa diatasi.

Pada peresmian Rumah Terapi Nobel Kasih ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kartono.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts