Setahun 400 orang Menderita TBC di Pontianak

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dinas Kesehatan Kota Pontianak mencatat dalam masa setahun rata-rata penderita Tuberculosis (TBC) mencapai 400 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu, mengatakan, dalam setahun pihaknya menargetkan bisa menemukan 632 orang pengidap TBC, untuk menekan penyebaran virus tersebut. Sebab jika penderita tak terdeteksi penyebaran virus tersebut akan menyebar dan bisa mengancam banyak orang.

“Dalam setahun tim kesehatan berhasil menemukan lebih dari 70 persennya masyarakat yang positif TB maupun yang masih gejala atau lebih dari 400 orang yang ditemukan dan diobati,” kata Sidiq, Sabtu (25/3).

Ia mengatakan, dari 400 orang tersebut, 90 persennya sembuh secara total, dengan pelayanan kesehatan dan pengobatan yang diberikan. Menurutnya, TB merupakan satu diantara penyakit yang konsen ditangani pihaknya lantaran penularannya yang cepat.

“Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan pengobatannya dengan antibiotik. Pengobatan dengan minum antibiotik ini juga tidak bisa sehari-dua hari melainkan harus reguler selama enam bulan berturut-turut dan tidak boleh putus sehari pun,” jelasnya.

Pada penanganan TB ini, lanjut dia, ada dua hal yang paling penting. Pertama adalah penemuan penderita dan jika sudah ditemukan maka harus diobati.

Sejauh ini di Kota Khatulistiwa masih belum ditemukan kematian akibat penyakit tersebut.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts