Rp500 Juta Disiapkan untuk Benahi Kampung Sawah

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengatakan, akan membenahi Kampung Sawah yang berada di jalan Lembah Murai, Kelurahan Mariana, Kecamatan Pontianak Kota.

Pembenahan kawasan yang dikatakanya paling kumuh di Kota Pontianak tersebut merupakan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku)  yang didanai oleh pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN). Anggraan yang disiapkan untuk tahun 2017 ini senilai Rp500 juta.

“Tahun ini kita akan genahi MCKnya, merehap bangunannya, closet-closetnya, termasuk septictanknya,  kedepan memang kawasan ini harus lebih tertata,” kata Edi saat meninjau langsung kawasan tersebut, Senin (27/3).

Menurut Edi, sanitasi dan drainase merupakan permasalahan utama dari kekumuhan pada daerah tersebut. Kedepan pemerintah Kota Pontianak akan kebih fokus untuk menata kawasan ini.

“Sarana air bersih harus kita akseskan ke semua rumah agar warga disini tidak menggunakan air parit yang sudah luar biasa tercemarnya,” ujarnya.

Perekonomian masyarakat, lanjut Edi juga akan diperbantukan melalui program Kotaku. Modal kerja akan diberikan guna membantu usaha masyarakat.

Dengan bantuan tersebut diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat, sehingga mereka bisa memperbaiki kehidupan dan membangun rumah kediaman yang bersih, dan bebas dari kekumuhan yang selama ini masih menghantui masyarakat yang bermukim pada kawasan tersebut.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts