Tingkatkan Kualitas Penduduk Melalui Program KKBPK

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kendati pengendalian penduduk di Kota Pontianak dinilai cukup baik melalui program Keluarga Berencana (KB), namun yang tak kalah pentingnya bagaimana meningkatkan kualitas penduduk.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak, Zumyati, menekankan, perlunya koordinasi dan sinergitas dengan elemen terkait dalam meningkatkan kualitas penduduk.

“Penduduk ini kan selalu berubah, ada yang lahir, datang, pindah dan sebagainya. Semua itu harus dikendalikan sehingga penduduk Kota Pontianak harus berkualitas,” ujarnya usai membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Aula Markas Daerah PMI, Rabu (29/3).

Ia menambahkan, program KKBPK harus memprioritaskan wilayah dengan kriteria diantaranya kawasan miskin, padat penduduk, wilayah nelayan dan wilayah kumuh perkotaan supaya penduduk di wilayah tersebut dapat merasakan manfaat program KKBPK secara langsung.

“Dengan demikian diharapkan penduduk Indonesia akan menjadi sumber daya manusia yang tangguh bagi pembangunan nasional dan ketahanan nasional serta mampu bersaing dengan bangsa lain,” tutur Zumyati.

Dirinya menyebutkan, faktor ekonomi keluarga, pendidikan anak-anak serta kesehatan menjadi hal penting dalam mendukung peningkatan kualitas penduduk. Namun prasyarat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat adalah mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts