Guru Kontrak Ditargetkan Mengajar di Tahun Ajaran Baru

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Seleksi guru kontrak tahun 2017 yang digadang-gadang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kapuas Hulu masih ditunggu-tunggu masyarakat, khususnya mereka yang lulusan perguruan tinggi keguruan dan ilmu pendidikan. Meski belum ada tanggal pasti kapan seleksinya, namun Disdikbud sendiri menargetkan pada tahun ajaran baru para guru kontrak sudah mengajar.

“Tanggal seleksi belum kami pastikan, itu masih diproses. Tapi memang harapannya tahun ajaran baru mereka sudah ngajar,” ungkap Petrus Kusnadi, Kadisdikbud Kapuas Hulu, pada Selasa (4/4).

Kusnadi menegaskan, penerimaan tenaga kontrak tetap dilaksanakan karena dana sudah ada, yaitu sebesar Rp 7 Milyar. Dana tersebut, menurut Kusnadi, untuk gaji guru kontrak setahun dan pembuatan naskah tes serta proses seleksi lainnya.

“Dari estamasi dana tersebut memang diprediksikan akan menerima 340 tenaga kontrak,” paparnya.

Untuk itu, Kusnadi mengatakan, pihaknya berupaya mempercepat proses yang ada.

“Seluruh persyaratan segera digodok dan akan kami laporkan ke Bupati,” ucapnya.

Disinggung terkait proses seleksi terselubung, Kusnadi menyatakan, hal tersebut tidak ada di dalam penerimaan guru kontrak 2017.

“Penerimaan ini memang akan dilakukan sebaik mungkin. Hal diluar itu semua resiko masing-masing,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Sekda Kapuas Hulu, Ir H Muhammad Sukri. Ia menegaskan, proses penerimaan guru kontrak memang harus transparan. “Tidak ada main titip-titipan,” ujarnya.

Sekda menyatakan, tidak ada jalur-jalur tertentu yang memastikan peserta tes diterima. Penerimaan adalah berdasarkan hasil tes dan itu bisa langsung diketahui peserta setelah tes.

“Tidak ada jalur A atau jalur B, lalu bisa diterima,” ungkap Sukri.

(Yohanes/Muh)

Related Posts