Syarif Abdullah Alkadrie Motivasi Petani Tingkatkan Produksi Padi

Ketapang, thetanjungpuratimes.com Anggota DPR RI, H Syarif Abdullah Alkadrie, melakukan panen raya di Desa Sukamaju, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, pada Sabtu (8/4) pagi. Panen digelar di areal tanam milik mantan Bupati Ketapang, Henrikus.

Dalam panen tersebut, juga dihadiri dua Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Michael Yan Sriwidodo dan H Lutfi A Hadi, Korda Kabupaten Ketapang-Kayong Utara, H Hamdeni Adeni, Ketua DPD Partai Nasdem Ketapang Gurdani beserta jajarannya.

Dalam kesempatan tersebut, Abdullah memotivasi petani untuk meningkatkan produksi padi, bukan hanya kuantitas namun juga kualitas.

“Kita harapkan produksi secara kualitas dan kuantitas meningkat,” harapnya.

Legislator asal Dapil Kalbar ini berharap masyarakat terus mengkonsumsi beras produksi lokal ini.

“Bila masyarakat dan pejabat mengkonsumsi beras produksi daerah sendiri, akan memberi pasar bagi para petani dan jaminan harga maupun kualitas tentu membuka lapangan kerja. Bila kebutuhan daerah sudah tercukupi, kita harapkan beras dari Sukamaju ini bisa memenuhi juga kebutuhan beras bagi Kabupaten Ketapang dan Kalbar secara luas,” motivasinya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukamaju, Syaiful Bahri, mengungkapkan, lahan untuk pertanian terbagi dua, untuk Sentap 1800 hektar dan Sukamaju 1200 hektar.

“Satu kelompok tani mengelola 25 hektar. Kami di sini terkendala dengan irigasi mengingat daerah masih sawah tadah hujan dan setahun dua kali panen,” urainya.

Bukan itu saja, kata Syaiful, mekanisasi pertanian di daerah kekuasannya tersebut masih kurang sekali.

“Untuk alat dan mesin pertanian masih minjam dengan dinas pertanian Ketapang dan kami harap Pak Syarif bisa memperjuangkannya,” harapnya.

Menanggapi permintaan Kepala Desa tersebut, Syarif Abdullah menugaskan Anggota DPRD Provinsi Kalbar untuk memperjuangkan di APBD Kalbar.

(Ras/Muh)

Related Posts