Wakil Presiden Minta Retail Besar Bina Warung Kecil di Sekitarnya

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta kepada toko retail seperti Alfamart dan Indomaret untuk membantu perekonomian rakyat. Caranya, kata JK, ‎dengan membina warung-warung di sekitar Alfamart atau Indomaret untuk lebih berkembang.

“Kita juga sudah mempersiapkan juga, apabila tidak dibatasi habis juga warung di daerah akibat Indomaret, Alfamart dan sebagainya. Maka nanti harus ada aturan, satu toko Indomaret atau Alfamart harus membina 10 warung sekitarnya,” kata JK dalam pidato penutupan ‘Kongres Ekonomi Muslim 2017’ yang digelar Majelis Ulama Indonesia d‎i Hotel Syahid, Jakarta, Senin (24/4/2017).

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini berharap, pembinaan tersebut dilakukan agar warung-warung tradisional bisa bersaing baik dari segi kualitas atau harga dengan Alfamart dan Indomaret Itu sendiri.

“Harus dengan logistik yang sama, harga sama. Karena kalau tidak, selesai. (Alfamart dan Indomaret) a‎da AC, lampunya jelas, harganya murah, barangnya baru. Bagaimana bersaing dengan warung haji-haji di situ, mbok-mbok apa di situ,” kata dia.

“Maka itu, harus diwajibkan untuk membina warung-warung di dekatnya dengan logistik yang baik, IT yang baik, sehingga mereka (warung tradisional) dapat stok,” tambahnya.

Dia menerangkan toko retail bisa mendapat untung yang besar karena mereka menyediakan stok yang banyak. Sehingga, ada potongan harga yang didapatkan toko retail dalam setiap transaksi yang dilakukan.‎

“Mereka (Indomaret dan Alfamart) punya toko 10 ribu, 20 ribu di Indonesia. Jadi beli barang, beli sabun, tiap hari mungkin ‎sejuta. Tentu dikasih diskon 10 persen atau 20 persen, dibanding kalau beli 10 biji. Akhirnya mereka bisa jual murah,” tuturnya.

“Kemudian, dia juga tidak butuh modal yang besar. Karena ‎dia utang sama pabrik, bayar sebulan, contohnya. Dia jual satu minggu sudah laku, ‎ya uang itu dibayarkan,” tambah JK.

Selain itu, JK juga menerangkan keunggulan dari Alfamart dan Indomaret. Di antaranya, toko yang terang benderang, buka 24 jam, harga yang murah, bersih dan tidak berdebu. Keunggulan ini yang membuat toko retail itu menjadi pilihan rakyat ketimbang warung tradisional.

“Karena itu, mereka harus membantu warung-warung di sekitarnya. Kerjasama yang dibutuhkan. Ayo kerjasama. Jangan juga (Alfarmat dan Indomaret) disuruh tutup, rakyat juga akan marah. Banyak hal yang kita harus lakukan. Bagaimana mensinkronkan ini.‎ Sehingga itu bisa naik bersama-sama,” kata JK.‎

(suara.com/muh)

Related Posts