KY Penghubung Kalbar Gelar Diskusi Penegakkan Hukum di Indonesia dan Perkembangannya

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Komisi Yudisial Republik Indonesia Penghubung Kalimantan Barat menggelar diskusi dengan tema “Penegakkan Hukum di Indonesia dan Perkembangannya”, pada Rabu (26/4).

Diskusi tersebut merupakan kali kedua setelah sepekan sebelumnya dilakukan hal yang sama dengan narasumber berbeda.

Kali ini, Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Wilayah Kalimantan, Hadi Suratman menjadi narasumber dengan peserta terdiri atas mahasiswa Universitas Tanjungpura, Universitas Pancabakti, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Sekolah Antikorupsi Indonesia, Perhimpunan Bantuan Hukum Kalimantan, dan Koalisi Masyarakat Pemantau Peradilan dan Antikorupsi (Komparasi) Kalbar.

Dalam pengantar diskusi, Hadi Suratman menyinggung tentang peran KY dalam penegakkan hukum di Indonesia.

Dia mengatakan sejatinya KY dapat mengambil bagian dalam mewujudkan penegakkan hukum yang baik dan memenuhi rasa keadilan.

“Sebenarnya KY memiliki kekuatan konstitusional. Namun dalam praktiknya kekuatan itu tidak dapat diberdayakan. Saya bahkan berpikir KY tidak hanya mengawasi hakim tetapi seluruh penegak hukum.” tuturnya.

Koordinator Komisi Yudisial RI Penghubung Kalbar, Budi Darmawan, mengatakan, diskusi ini digelar untuk meningkatkan kapasitas jejaring dan personel PKY Kalbar.

“Hukum itu berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat. Untuk itu kita perlu terus belajar dan mengikuti perkembangan yang terjadi,” ujarnya.

(Maulidi/Muh)

Related Posts