Wali Kota Minta Para Pedagang Secepatnya Isi Kios Pasar Tengah

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wali Kota Pontianak Sutarmidji kembali menempatkan para pedagang yang beberapa waktu lalu dipindahkan untuk mengisi kios yang sudah disiapkan di kawasan Pasar Tengah Rakyat Kota Pontianak bertempat di jalan Asahan, pada Sabtu (29/4).

Menurutnya, hal tersebut dilakukan karena menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul fitri  dilokasi tersebut biasanya ramai para pengunjung, maka dengan itu dia meminta para pedagang secepatnya bisa melakukan aktivitas di kawasan tersebut.

“Ini bukan meresmikan, tetapi menempatkan, nanti peresmiannya setelah pak Jokowi datang meninjau, kalau hanya datang untuk meninjau, maka saya yang meresmikannya, kalau misalnya Pak Jokowi mau maka dia yang meresmikan,” ucapnya.

Dengan ditempatkannya para pedagang, Wali Kota meminta kawasan jalan Asahan tidak ada yang berjualan dengan menggunakan tenda agar kawasan tersebut menjadi rapi.

“Kalau masih ngeyel nanti saya ajukan ke pengadilan dan minta denda Rp.5 juta, kan sudah dikasi tempat jualan,” tegas Wali Kota dua periode tersebut.

Lebih lanjut, dia menegaskan, tidak ada harga kios yang ditetapkan, namun yang ada hanya harga sewa pemanfaatan atau pemeliharaan dengan kisaran Rp.1 – 2 juta, dan jika ada yang melakukan permainan sewa kios, maka dia meminta untuk segera dilaporkan.

Dari pantauannya, saat ini masih ada beberapa bekas semen sisa pembangunan, namun dengan segera ia meminta untuk segera dibersihkan dan kedepannya meminta kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan, ketertiban dan kerapian pasar tersebut.

Selain itu ia juga meminta disediakan satpam yang akan ditempatkan untuk mengawasi jembatan pasar Asahan.

“Nanti kita meminta sediakan satpam, terutama dijembatan agar anak-anak tidak memanjat, agar jangan sampai ada masalah yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Untuk saat ini, dari penuturannya, masih ada beberapa titik pembangunan yang akan dilanjutkan penyelesaiannya, yaitu kawasan parit besar, batang hari, dan satu daerah yang berada di dekat Kapuas Indah kemungkinan pada tahun depan dan berikutnya, yang menjadi tugas Wali Kota baru.

“Nanti parit besar mau saya tutup saja diatasnya dengan terowongan, nanti pedagang naik di atas, jalan Indragiri kita fungsikan agar kawasan itu semakin nyaman,” katanya.

“Kita juga sediakan tempat parkir, itu hanya satu lapis tetapi hari-hari tertentu boleh dua lapis kalau ramai, tetapi harus ada emergency agar mobil bisa masuk,” jelasnya.

(Maulidi/Muh)

Related Posts