Coba Konsumsi Makanan ini Jika Gusi Sering Berdarah

Thetanjungpuratimes.com – Apakah gusi sering berdarah? Hal ini, disebabkan oleh penumpukan plak pada garis gusi yang menyebabkan gusi meradang atau radang gusi. Gusi berdarah juga bisa menjadi indikasi penyakit periodontal atau gusi yang harus segera diurus.

Cara terbaik mencegah gusi berdarah adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu karena dapat membantu menyembuhkan gusi dan memperbaiki kesehatan mulut. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa mencegah gusi berdarah yang dirangkum dari Zeenews.

1. Makanan kaya vitamin C

Seseorang harus mengonsumsi banyak makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan lemon, untuk menjaga jaringan sehat di gusi dan mendorong proses penyembuhan. Karena ternyata, kekurangan Vitamin C sering menyebabkan gusi menjadi berdarah.

2. Aprikot

Coba makan banyak aprikot karena mereka adalah sumber beta karoten yang baik yang dapat menjadi sumber vitamin A dalam tubuh. Kekurangan vitamin A juga bisa berkontribusi pada gusi yang sakit dan berdarah. Bayam dan wortel juga merupakan sumber beta karoten yang baik.

3. Susu

Pastikan kamu minum susu, setidaknya dua gelas setiap hari untuk mencegah gusi berdarah. Kalsium di dalam tubuh dapat memperkuat gusi agar tidak mudah berdarah.

4. Sayur mentah

Sertakan banyak sayuran mentah (seperti lalapan) dalam makanan karena dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di gusi dan dapat mengurangi perdarahan pada gusi.

5. Cranberry

Karena sifat antibakterinya, cranberry membersihkan gusi bakteri berlebih. Selain itu, mengonsumsi cranberry juga bisa menjadi cara yang baik untuk menghentikan pendarahan gusi.

(Suara.com/Faisal)

Related Posts