Peringati Hardiknas, Rustamaji Berharap Insan Pendidikan Berkiprah Menjadi Lebih Baik

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Dr Ir RM Rustamaji MT, mengatakan, dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, diharapkan agar setiap insan pendidikan dapat berkiprah menjadi lebih baik lagi.

Dia menuturkan, berdasarkan pesan dari Menristek Dikti terkait dengan relevasi pendidikan tinggi yaitu mengedepankan pendidikan vokasi.

“Menurut Undang-undang ada dua jalur pendidikan tinggi, yaitu pendidikan tinggi akademik dan pendidikan akademik vokasi,” sebut dia.

Dekan Fakultas Teknik ini juga mengatakan Untan adalah penyelenggara pendidikan akademik dan vokasi.

“Jadi kedepannya ini kalau kita mendapatkan message dari Kementerian untuk meningkatkan lagi kualitas pendidikan vokasi dalam kerangka menciptakan dan melahirkan tenaga terampil madia tetapi tidak berarti juga tenaga terampil madia itu berada pada level dibawa akademik. Saya kira Undang-undang sudah menjamin itu semua mereka bisa menggapai karier di bidang pendidikan yang sama,” paparnya.

Selain itu, dia juga menuturkan, Rektor mempunyai kebijakan berupa penyelenggaraan pendidikan percepatan angka partisipasi kasar (PPAPK).

“Itu artinya Untan ingin ada perluasan akses pendidikan tinggi kepada masyarakat dalam rangka ikut bertanggungjawab bersama pemerintah dan khususnya pemerintah Provinsi maupun Kabupaten-Kota untuk bisa menyegerakan untuk meningkatkan APK itu,” ujar Rustamaji.

“Karena di skala nasional kita berada di rata-rata nasional dan memang PPAPK kita masih rendah dibandingkan provinsi lainnya. Saya kira itu relevan lah kebijakan itu,” pungkasnya.

(Maulidi/Muh)

Related Posts