Polresta Pontianak Amankan Ratusan Batang Kayu beserta Pemiliknya

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Unit Tipiter Sat Reskrim Polresta Pontianak berhasil mengamankan 248 batang kayu kelas satu jenis Bengkirai dan Meranti berserta pemiliknya yang berinisial RSP yang merupakan warga jalan Komyos Sudarso Gang Alpolkat Indah, Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat pada Senin (1/5).

Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Komisaris Polisi M Husni menuturkan pelaku yang berinisial RSP mendapatkan kayu tersebut dari Kecamatan Simpang Hulu Kabupaten Ketapang dengan harga Rp6,5 juta, kemudian diangkutnya melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan Pickup menuju Kota Pontianak.

“Namun, ketika kendaraan tersebut sedang melintasi jalan Trans Kalimantan tepatnya di Parit Masegi, kecamatan Sungai Ambawang, anggota Unit Tipiter melakukan pemeriksaan dari kendaraan tersebut,” jelasnya, Selasa (2/5).

Pada saat dilakukan pemeriksaan, kata Kasat tersangka tidak bisa menunjukan dokumen kayu tersebut kepada petugas.

Dari hasil pemeriksaan, Husni mengatakan, RSP melakukan kegiatan tersebut sudah kurang lebih dua tahun, yang nantinya kayu tersebut akan ia jual ke toko meubel yang ada di Kota Pontianak.

Atas perbuatannya tersebut, RSP melanggar pasal 83 ayat (1) huruf b UU No. 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

(Maulidi/Faisal)

Related Posts