Keluarga Bocah tanpa Anus di Sekadau Keluhkan Pembuatan Kartu BPJS

Sekadau,thetanjungpuratimes.com – Lutfi, bocah laki-laki berusia 2 tahun yang merupakan putra pasangan Rudi dan Fitri inis sejak lahir memiliki kekurangan organ tubuh permanen. Bocah yang tinggal di Jalan Maulana Ibrahim (jalan PAM), Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir ini tidak memiliki saluran pembuangan kotoran (anus).

Ayah Lutfi, Rudi menyebutkan jika keseharian anak lelakinya hanya mengandalkan saluran pembuangan dari usus besar di pinggang sebelah kiri.

“Sejak lahir dia memang sudah tidak ada anus, dari lima hari setelah kelahirannya sudah dilakukan operasi pembuatan lubang anus dari rusuk kirinya. Dokter menyarankan untuk dilakukan operasi lagi untuk pembuatan lubang anus, namun kita keluarga tidak memiliki biaya,” ungkapnya, Kamis (11/5).

Ibu Lutfi menambahkan bahwa keluarganya pernah daftarkan ke BPJS, namun hingga kini menurut kartu BPJS-nya yang dibuatnya sampai sekarang tidak selesai-selesai.

Kepala Desa Mungguk, Agustami membenarkan ada warganya yang sejak lahir tidak memiliki saluran anus.

“Kita telah melakukan pendataan terhadap keluarga itu, dan kita juga sudah sampaikan pada dinas terkait untuk tindaklanjutnya,” ucapnya.

Sementara, Suhardi, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sekadau mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi administrasi Lutfi.

“Jika semuanya ada, lengkap, kita siap terkait pengurusan lanjutan seperti BPJS dan hal lain yang diperlukan,” janji Suhardi.

(Yahya/Faisal)

Related Posts