Besok 13.210 Peserta Akan Mengikuti Seleksi SBMPTN

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 13.210 orang peserta akan mengikuti tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Tanjungpura (Untan), pada Selasa (16/5) besok.

Kepala Bagian Akademik Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Untan, Ida Fitria, mengatakan, tes yang digelar serentak di seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia ini dibagi menjadi tiga kelompok ujian.

“Kelompok ujian Saintek, Soshum, dan Campuran,” katanya kepada thetanjungpuratimes.com, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/5) siang.

Berdasarkan data dari BAK Universitas Tanjungpura, 13.210 peserta tersebut dibagi menjadi tiga bagian, Saintek 3.357 peserta, Soshum 5.347 peserta, dan Campuran 4.506 peserta.

Ida mengatakan, peserta seleksi yang menggunakan komputer langsung atau dikenal Computer Based Test (CBT) sebanyak 235 orang, dan ujian dengan cara konvensional atau dikenal dengan Paper Based Test (PBT) berjumlah 12.975 calon mahasiswa.

Mulai pukul 07.00 besok peserta seleksi sudah akan bersaing memperebutkan kursi yang sudah dipastikan kuotanya pada setiap Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia ini, dan akan berakhir pada pukul 14.30 WIB. Hari pertama akan digelar tes kemampuan dasar Saintek, Soshum dan potensi Akademik.

Pada tanggal 17 dan atau 18 Mei akan dilanjutkan dengan tes Keterampilan Keolahragaan, Seni Tari dan Musik.

Untan sendiri hanya menyediakan 1.912 orang khusus untuk jalur SBMPTN. Sebelumnya pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Perguruan Tinggi Terbesar di Kalbar ini telah menerima 1.381 mahasiswa baru.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts