Ketua MUI Kalbar : Pilihlah Daging yang Anda Yakini Halal

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Barat Basri Har mengimbau kepada masyarakat untuk mengkonsumsi daging yang diyakini akan kehalalannya.

“Jika memang masyarakat ragu akan kehalalan makanan tersebut lebih baik dihindari,” sebutnya, Senin (15/5).

Sejauh ini, katanya memang ada segelintir masyarakat yang khawatir,  dan mempertanyakan apakah daging impor tersebut halal, karena sebagian besar negara pengekspor daging adalah negara dengan minoritas muslim.

Ia mengatakan walaupun daging impor dari Bulog sudah mempunyai sertifikat halal, namun di negara Indonesia yang notabennya luas, tidak menutup kemungkinan adanya daging impor illegal yang tidak terjamin kehalalannya.

“Daging sapi secara islam memang halal, namun ada hal-hal yang membuatnya haram, salah satunya cara pemotongan sapi tersebut, ketika sapi itu disembelih tidak dengan cara Islam kan itu menjadi haram,” katanya.

Sejauh ini, lanjut Basri Har, LPPOM MUI pusat memang sudah memberikan sertifikat halal bagi perusahaan pengimpor daging. Namun tidak salah jika masyarakat khususnya umat Islam lebih selektif dalam mengkonsumsi daging impor.

“Karena kami juga tidak bisa memberikannya jaminan jika memang ada oknum atau perusahaan ilegal yang mendatangkam daging impor ke Indonesia,” terangnya.

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts