Hasil Sidang Kode Etik Tak Berpengaruh Terhadap Hasil Pilkada Singkawang

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Ketua majelis Sidang Etik, Profesor Erlina Anggita mengatakan hasil Sidang Kode Etik Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) tidak akan berpengaruh terhadap hasil Pilkada Kota Singkawang.

Pada saat dikonfirmasi, Erlita belum dapat membeberkan secara rinci hasil sidang etik yang digelar Bawaslu Kalbar, di Jalan S. Parman, Pontianak pada Selasa (16/5).

“Jadi, tugas kami ini hanya memeriksa. Lalu hasil pemeriksaan kami itu dibuat resume dan kami kumpulkan, makin cepat makin baik, sehingga bisa dibawa ke pleno di DKPP di Jakarta. Nanti disana (Jakarta) merekalah yang memutuskan,” kata anggota DKPP Pusat ini.

Namun secara umum berdasarkan hasil konfrontir antara pihak yang membuat aduan, maupun pihak yang teradu, Erlina mengatakan sejauh ini dirinya belum melihat adanya pelanggaran etik.

Menurutnya, jikapun nanti keputusannya memang ditemukan pelanggaran etik, maka Komisioner KPU akan diberikan sangsi.

“Sanksi bisa dilakukan pertama Jika terbukti melanggar etik, kita berikan teguran secara lisan. Lalu ada juga kalau mereka tidak salah kita rehab, kalau kesalahan etiknya parah kita bisa melakukan pemberhentian sementara, Kalau lebih parah lagi, kita bisa lakukan pemberhentian tetap seumur hidup, dan tidak bisa masuk lagi sebagai penyelenggara pemilu,” pungkasnya.

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts