Mahasiswa Profesi Ners FK Untan Gelar Penyuluhan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Dalam rangka pelaksanaan praktik keperawatan komunitas, mahasiswa profesi ners Universitas Tanjungpura mengadakan penyuluhan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada warga Desa Punggur Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan hasil survei lapangan yang dilakuka, banyak warga mengaku tidak mengenakan alat perlindungan diri, seperti masker wajah dan sarung tangan saat melakukan aktivitas bertani, misalnya saat  menyemprotkan pestisida.

Acara dihadiri dr Sumediono selaku Kepala Puskesmas Punggur. Dalam sambutannya, dr Sumediono mengatakan, bahwa kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi warga agar tahu cara mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh kecelakan kerja. Beliau juga menghimbau kepada warga untuk senantiasa memanfaatkan Puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat.

Pemateri penyuluhan adalah dr Asep Ahmad Saefullah selaku Kasi Pelayanan Primer, Peningkatan Mutu dan Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Kab Kubu Raya.

Dalam pemaparan materinya dr Asep menekankan pada kesehatan dan keselamatan kerja pada pekerja tani.

Penyuluhan diadakan pada Minggu, 14 Mei 2017 di Ruang Balai Desa Punggur Besar yang diikuti oleh 48 orang petani. Warga pun mengikuti penyuluhan dengan antusias.

“Kami sangat senang dan berterimakasih kepada Adik-adik (mahasiswa profesi ners) yang telah membuat acara ini, sehingga kami jadi tahu tentang bagaimana menjaga kesehatan dan melindungi diri saat bertani,” kata salah satu peserta penyuluhan.

Acara ini merupakan agenda keempat yang terselenggarakan setelah sebelumnya dilaksanakan penyuluhan imunisasi dan imunisasi dasar kepada bayi dan balita, penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan pakai sabun di enam Sekolah Dasar, senam sehat dan upgrading kader posyandu.

Adapun agenda lain yang akan diselenggarakan berikutnya adalah penyuluhan dan penanaman tanaman obat keluarga, penyuluhan BPJS, pembentukan UKS dan dokter kecil, pemeriksaan dan pengobatan gratis, serta puncak kegiatan yang diisi dengan perlombaan dance kreasi cuci tangan pakai sabun antar siswa sekolah dasar, lomba shalawat ibu-ibu pengajian dan acara hiburan lain.

(R/Muh)

Related Posts