Polisi dan Warga Dusun Selolong I Perbaiki Jalan

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Polisi bersama masyarakat di Dusun Selalong I, Desa Selalong, Kecamatan Sekadau Hilir memperbaiki kerusakan Jalan Sekadau–Rawak, belum lama ini. Perbaikan yang dilakukan secara swadaya itu dilakukan lantaran kondisi jalan yang rusak bahkan mobil pun amblas saat melintas.

Kondisi jalan yang rusak membuat truk amblas dan menyebabkan kemacetan. Polisi dibantu masyarakat mengevakuasi truk yang amblas tersebut agar kemacetan tidak semakin parah.

Kapolsek Sekadau Hilir IPTU Masdar menuturkan, saat itu pihaknya sedang melaksankan patroli rutin. Namun saat melintasi jalan tersebut dilihat kondisinya cukup parah hingga pihaknya menemui Kepala Desa Selalong untuk menyampaikan hal tersebut.

“Kami melihat kondisi jalan itu kalau dibiarkan justru akan sangat membahayakan. Bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya Jumat (19/5).

Sebab, kata dia, bila kondisi tersebut tak segera ditangani dikhawatirkan dapat menimbulkan korban jiwa. Terlebih, kata dia, akan ada gawai yang akan dilaksanakan di desa tersebut.

“Jalan tersebut merupakan jalan provinsi. Kami juga sempat berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kabupaten Sekadau untuk menyampaikan kondisi kerusakan itu,” tuturnya.

Masdar mengatakan, setelah mengevakuasi truk tersebut pihaknya bersama masyarakat dengan meminjam alat berat milik perusahaan setempat penimbunan langsung dilakukan.

Ia mengatakan, ada sejumlah titik kerusakan jalan namun di lokasi tersebut kerusakannya sangat parah.

“Yang sangat parah langsung ditimbun secara gotong royong karena memang kondisinya sangat berbahaya terutama bagi pengendara sepeda motor,” ucapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Sekadau M Jais mengatakan, pemerintah daerah bukan sengaja tutup mata dengan kondisi itu.

Ia pun mengapresiasi pihak kepolisian bersama masyarakat bergotong royong menambal jalan yang berlubang.

“Mengingat status jalan tersebut bukan kewenangan kabupaten,” ujar Politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Dirinya berharap kondisi jalan itu bisa diperbaiki sehingga tidak membahayakan pengguna jalan yang melintas. Sebab, kata dia, bukan tidak mungkin kondisi jalan yang rusak itu akan memicu kecelakaan lalu lintas.

“Kondisi kerusakan jalan jika dibiarkan tentu sangat membahayakan. Kami juga meminta agar kondisi kerusakan jalan bisa diperbaiki,” pungkasnya.

(Yahya/Faisal)

Related Posts