Sukses Uji Coba Rudal Balistik, Jong Un Minta Diproduksi Massal

Korea Selatan, thetanjungpuratimes.com – Korea Utara mengkonfirmasi bahwa uji coba penembakkan rudal balistik jarak medium sukses dilakukan, demikian dilaporkan media pemerintah Korean Central News Agency (KCNA), Senin (22/5) dilansir dari AFP. Senjata itu dilaporkan siap untuk digunakan dalam tindakan militer.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah mengawasi uji coba rudal pada Minggu (21/5). Uji coba ini untuk merespon kecaman baru dari dunia internasional dan sanksi PBB yang lebih ketat.

Rudal yang ditembakkan adalah Pukguksong-2, sebuah versi berbasis darat yang diluncurkan dari kapal selam.

“Mengatakan dengan bangga bahwa tingkat serangan rudal sangat akurat dan Pukguksong-2 adalah senjata strategis yang sukses, (Kim Jong-Un) menyetujui sistem senjata ini untuk tindakan,” KCNA melaporkan.

Setelah uji coba itu diklaim berhasil, Jong Un meminta agar rudal tersebut segera diproduksi secara massal. Dan, nantinya digunakan untuk mempersenjatai tentara Korea Utara.

Sebelumnya, Korea Selatan menuding rudal tersebut ditembakkan dari sebuah lokasi di sekitar Pukchang, provinsi Pyongan Selatan. Rudal tersebut menempuh jarak sekitar 500 kilometer sebelum mendarat di Laut Jepang.

Ini merupakan kali kedua dalam satu bulan terakhir Korut menembakkan rudal balistik mereka. Sebelumnya sebuah rudal balistik juga ditembakkan pada 14 Mei lalu dan mendarat di laur dekat Rusia.

(Suara.com/Faisal)

Related Posts