UPJJ Wilayah Dua Tanggulangi Jalan Poros Sintang-Binjai Hulu

Sintang, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sintang, Murjani MT, mengatakan, bahwa kerusakan jalan poros Sintang-Binjai Hulu yang menghubungkan empat kecamatan di wilayah perbatasan kini sudah mulai ditangani langsung oleh Unit Pemelihara Jalan dan Jembatan (UPJJ) Wilayah 2 Sintang.

“Perbaikan sudah mulai kita laksanakan, unit kita juga saat ini sudah ada di lapangan, dan sudah mulai bekerja,” ungkap Murjani kepada thetanjungpuratimes.com saat dihubungi di ruang kerjanya, Senin (22/5).

Murjani mengatakan, bahwa penyebab utama jalan poros Sintang-Binjai Hulu cepat rusak disebabkan karena padatnya kendaraan yang melintasi jalan poros Sintang-Binjai Hulu.

“Jalur disana arus lalu lintasnya cukup padat terutama kendaraan perusahaan dengan kapasitas muatan melebihi tonase yang tidak didukung dengan daya kapasitas jalan hanya kelas C,” ucapnya.

Oleh sebab itu, lanjut Murjani, dirinya menghimbau kepada pihak perusahaan terutama kendaraan truk yang mengangkut buah kelapa sawit agar mengurangi beban angkutannya sesuai dengan standar kelas jalan.

Selain itu, faktor kedua yang menyebabkan kerusakan jalan adalah masalah jalan yang tidak memiliki drainase, sehingga jika musim penghujan datang, air menggenangi badan jalan.

“Hilangnya drainase di sepanjang pinggir jalan juga disebabkan karena masyarakat ketika saat mendirikan bangunan tidak menyediakan lahan untuk bangunan drainase,” tutur Murjani.

Dengan kondisi tersebut, Murjani meminta kepada masyarakat setempat, jika hendak mendirikan bangunan di sepanjang jalan agar memperhatikan saluran drainase supaya jika musim penghujan datang, air tidak menggenangi badan jalan,” pungkasnya.

(Lingga/Muh)

Related Posts