Midji Harap Pengusaha Pontianak Bisa Seperti Pengusaha Terkenal

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wali Kota Pontianak Sutarmidji berpesan pada pengusaha muda untuk mempersiapkan mental bila ingin terjun ke dunia usaha.

“Mental akan membentuk jiwa kewirausahaan seseorang, sehingga bisa terus eksis,” ucap Sutarmidji usai membuka Muscab HIPMI Pontianak, pada Selasa (23/5).

Ia mencontohkan, orang-orang seperti Abu Rizal Bakri, Chairul Tanjung, Sandiaga Uno, dan lain-lain. Semuanya masih eksis bahkan makin besar. Jaringannya pun lebih luas sampai bisa masuk jajaran orang terkaya. Dia berharap pemuda Pontianak bisa serupa mereka.

“Ini tidak, bikin kios di (pasar) atas merajuk, ngeluh di atas. Bagaimana dibuat laku, itulah tantangan. Pengusaha itu jika dia tidak bisa menghadapi tantangan, dia tidak akan sukses,” ujarnya.

Dia mengucapkan pengusaha memang bisa mengikuti selera konsumen, namun sistem yang dipakai tetap berasal dari pengusaha. Jika hanya mengikuti pasar, tentu tak akan maju.

“Sistem itu harus diciptakan, sehingga orang tertarik, makanya buat inovasi. Semua kemudahan sudah Pemkot berikan, jika pun ada yang kurang sampaikan nanti kita kaji,” kata dia.

Pemkot sendiri tengah membangun Graha UMKM. Pontianak katanya tak punya banyak lahan. Saat ini wilayah pinggir Sungai Kapuas sudah jadi daya tarik. Wisata susur sungai bahkan sudah memiliki 15 kapal. Investasi per kapal bisa sampai puluhan juta.

“Itu inovasi mereka ketika di Alun Kapuas tidak boleh jualan lagi. Kan bagus jadinya, nanti kita harusnya ada pusat-pusat kuliner, kita nanti akan kaji dimana. Taman Akcaya biar saja, tata saja mereka jualan di situ,” tutupnya.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts