Masjid Agung Al Ikhlas Ketapang Diresmikan

Ketapang, thetanjungpuratimes.com – Masjid Agung Al Ikhlas yang mejadi kebanggaan masyarakat di kabupaten diresmikan pada Kamis (25/5) malam.

Ketua Yayasan Al Ikhlas H. Yusman mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah kabupaten Ketapang, perusahaan, serta masyarakat yang menurutnya sangat berperan terhadap pembangunan masjid.

“Dengan telah di resmikanya Masjid Agung Al Ikhlas mari kita manfaatkan, serta kita pelihara dengan sebaik-baiknya. Karena keberadaan masjid ini akan menjadi sarana dan prasarana bagi umat Islam, dan diharapkan masyarakat dapat memakmurkan mesjid ini,” ucapnya.

Senada juga diungkapkan oleh ketua panitia pembangunan Masjid Agung Al Ikhlas H.Hamimzar Yahya yang mengatakan jika pembangunan masjid telah menelan biaya sebesar RpRP.62.852.760.000.

“Kepada pihak perusahaan dengan melalui program Corporate responsibillity nya tak lupa juga saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Dalam pelaksanaan pembangunan masjid Agung Al Ikhlas memakan waktu selama enam tahun (2011- 2016), dan pembangunan masjid tersebut tidak bisa singkat dikarenakan dananya bertahap.

Bupati Ketapang, Martin Rantan bercerita jika masjid agung Al Ikhlas mulai dibangun pada 2011, sebelumnya bangunan awal masjid sudah berusia 33 tahun, dan ukurannya yang kecil sehingga tidak bisa lagi menampung jamaah yang semakin hari semakin ramai.

“Dengan dibangunnya Masjid Agung Al Ikhlas ini juga akan menjadi Icon umat Islam di Ketapang. Apalagi masjid tersebut memiliki dua lantai dengan arsitektur khas umat Islam, serta mengadopsi gaya arsitektur Melayu yang kemudian dipadukan dengan masjid Nabawi di Madinah,” terangnya.

Adapun luas lokasi Masjid sebesar 2,25 ha, dengan luas bangunan 54,54 meter, atau seluas 2.916 meter persegi yang dapat menampung 5000 jamaah.

Masjid Agung Al Ikhlas juga memiliki ruang serbaguna yang dapat menampung sebanyak 700 orang, kemudian dilengkapi ruang perkantoran yang diperuntukkan bagi organisasi atau lembaga keagamaan Islam, taman, lapangan manasik haji, area kurban, serta dilengkapi juga dengan area parkir.

(Ras/Faisal)

Related Posts