Bulan Puasa, Warga Diminta Waspada Terhadap Pelaku Kejahatan

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Kasat Reskrim Polres Sekadau IPTU M Ginting menuturkan, jajaran kepolisian seluruh wilayah tentunya tetap meningkatkan kinerjanya, dan hal ini mencegah terjadinya tindak kriminalitas atau ganguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Kami minta kepada masyarakat agar hati-hati dan waspadaterhadap pelaku kejahatan. Jangan sampai memberikan kesempatan kepada orang untuk berbuat kejahatan,” ujarnya Minggu (28/5)

Ia meminta kepada masyarakat terutama ibu-ibu untuk tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan. Karena biasanya ibu-ibu yang sibuk ke pasar, baik itu saat puasa maupun lebaran nanti.

“Kalau bawa tas, handphone hati-hati, jangan sembrono. Jangan lengah, bisa saja orang yang tadinya tidak ada niat tapi ada kesempatan melakukan tindak kriminalitas, akhirnya jadi berubah pikiran malah melakukannya,” jelasnya.

Menurutnya, untuk berpergian meninggalkan rumah pastikan kondisi rumah dalam keadaan terkunci. Selain itu, kata Ginting, untuk kendaraan yang terparkir jangan lupa mengunci ganda.

“Ini untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan. Jajaran kepolisian juga melaksanaka operasi penyakit masyarakat (Pekat), sasarannya judi, minuman keras (miras), prostitusi, narkoba premanisme dan lain sebagainya,” tutupnya.

Sementara itu, Sunardi, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sekadau juga mengingatkan masyarakat agar selalu waspada. Mengingat baru-baru ini terjadi pencurian kendaraan sepeda motor yang diparkir di depan rumah warga.

“Jangan sampai kasus serupa terjadi lagi. Harus waspada dan hati-hati, karena tindak kriminalitas bisa terjadi kapanpun dan dimanapun,” katanya.

Untuk itu, ia juga mengajak masyarakat agar menciptakan kondisi yang kondusif. Selain itu, kata dia, masyarakat agar tidak memancing terjadinya tindak kejahatan.

“Apalagi momentumnya ramadan, mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan kita,” pungkasnya.

(Yahya/Faisal)

Related Posts