Hadapi UNBK, SMK 1 Ngabang Gelar UKKBK

Landak, thetanjungpuratimes.com – SMK Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak, sejak Senin (29/5) melaksanakan Ulangan Kenaikan Kelas Berbasis Komputer (UKKBK). Pelaksanaan UKKBK itu akan berakhir pada 8 Juni mendatang.

Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Ngabang, Dominikus Dasit mengatakan, UKKBK di SMKN 1 Ngabang kali ini diikuti sebanyak 393 peserta didik kelas 11 yang akan naik ke kelas 12.

“UKKBK ini memang dikhususkan bagi peserta didik kelas 12 saja. Sedangkan peserta didik kelas 11 mengikuti ulangan berbasis kertas,” ujar Domi, Selasa (30/5).

Dikatakannya, pelaksanaan UKKBK tersebut memang tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan UNBK yang sudah lalu.

“Kita sudah menyiapkan empat server untuk pelaksanaan UKKBK tersebut. Pelaksanaan ulangannya pun kita bagi dalam tiga sesi,” katanya.

Domi memprediksikan kemungkinan saja untuk SMK se Kalbar, hanya SMKN 1 Ngabang saja yang mencoba melakukan pelaksanaan UKKBK.

“UKKBK ini memang lebih kita tekankan kepada peserta kelas 11. Tujuannya, supaya ketika mereka naik ke kelas 12 nanti dan mengikuti UNBK, mereka punya persiapan untuk melaksanakan UNBK tahun 2018 nanti. Tapi kita tetap melaksanakan simulasi pelaksanaan UNBK pada bulan Januari ke atas tahun depan,” jelas Ketua MKKS SMK Landak ini.

Ia mengaku, selama pelaksanaan UKKBK hingga hari kedua ini tidak ada kendala.

“Listrik tetap full hidup selama pelaksanaan UKKBK tersebut. Kami juga sebelumnya sudah mengirimkan surat ke PLN Ngabang supaya listrik tidak padam pada pelaksanaan UKKBK. Meskipun kita melaksanakan UKKBK, tapi kita tidak memakai jaringan internet. Kita memakai intranet atau offline. Para pesertapun bisa langsung mengetahui hasil UKKBK nya setiap hari,” ungkapnya.

(NY/Faisal)

Related Posts