Pemkab Kapuas Hulu Sampaikan Kurangnya Stok Bawang Putih Ke Pemprov Kalbar

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh menyebutkan jika disejumlah daerah termasuk di Kapuas Hulu memang terjadi kekurangan stok bawang putih, hal itu menyebabkan harganya juga naik di pasar lokal Kapuas Hulu. Keadaan ini sudah disampaikan pada Pemprov Kalbar.

“Kelangkaan ini kita langsung informasikan melalui informasi pasar di WA (whatsapp) dengan provinsi. Kita sudah sampaikan ini, agar memasok bawang ke Kapuas Hulu. Melalui informasi pasar tersebut pihak provinsi juga tahu perkembangan harga bawang disetiap daerah,” kata Chairul, Selasa (30/5).

Kata dia, sebelum puasa pihaknya sudah menginformasikan ke para pedagang agar tidak menaikan harga bahan pokok terlampau mahal. Harga harus tetap wajar.

“Setiap bulan Ramadan dan Idul Fitri serta hari raya keagamaan lainnya harga cendrung naik, tapi masih bisa dikendalikan,” kata dia.

Dinas Perdagangan akan membentuk tim untuk melakukan pengawasan barang beredar dan mantau harga-harga. Supaya kalau ada kenaikan masih dalam batas yang bisa dikendalikan.

Beberapa kebutuhan masyarakat yang perlu diantisipasi agar tidak langka dan naik seperti BBM (Bahan Bakar Minyak), bawang, kemudian gula, serta bahan pokok lainnya.

“Kami juga akan mengadakan pasar murah untuk menstabilkan harga komoditi tersebut. Untuk pelaksanaannya kami masih lihat jadwal dan situasinya,” tutup Chairul.

(Yohanes/Faisal)

Related Posts