Pemkot Pontianak Akan Lakukan Sidak ke Pasar Modern dan Tradisional

Faktor Cuaca Sebabkan Harga Bawang Lokal Naik

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak bersama Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pontianak, Balai Industri dan Dinas Kesehatan akan menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) pada pasar modern maupun tradisional.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Haryadi, mengatakan, pihaknya juga akan menyasar pasar juadah yang mulai ramai saat bulan Ramadan ini.

“Karena bisa jadi produk-produk yang mereka jual itu mengandung bahan yang tidak dibolehkan, seperti pengawet formalin, pewarna, termasuk borak dengan sengaja, atau ada yang memang tidak paham dengan hal itu,” kata Haryadi, Kamis (1/6).

Diakuinya, pihaknya telah memberikan sosialisasi kepada pedagang terlebih kepada pembuat produk industri rumahan, untuk menghindari pemakaian bahan dalam pembuatan panganan yang dapat membahayakan konsumen.

Ia menegaskan, jika nanti ketika Sidak ditemukan makan-makanan yang termasuk dalam panganan berbahaya karena terkontaminasi dengan bahan terlarang, pihaknya tentu mengambil langkah tegas guna melindungi konsumen dari bahaya produk tersebut.

Pihaknya juga akan menyasar pasar-pasar modern. Biasanya produk yang terjaring dari pengalaman tahun lalu seperti batas kadaluarsa yang hampir habis, kemasan rusak dan tak adanya izin edar dari produk tersebut.

“Untuk konsumen harus jadi konsumen yang cerdas, artinya jangan tergiur dengan promo beli dua gratis satu, diskon besar, masyarakat harus teliti terlebih dahulu, lihat masa kadaluarsanya, lihat kemasannya jika sudah dekat masanya dan kemasannya rusak, penyot, jangan dibeli,” saran dia.

(Agustiandi/Muh)

Related Posts