Ingin Anak Cerdas, Sering-sering Bacakan Buku Cerita

Thetanjungpuratimes.com – Anda para orangtua, jika ingin meningkatkan kecerdasan buah hati, maka luangkanlah waktu mulai dari sekarang untuk membacakan buku pada mereka.

Pasalnya, sebuah penelitian terkini menemukan bahwa kegiatan membacakan buku pada anak-anak sejak usia pra-sekolah dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Anda hanya perlu membacakan dengan lantang isi buku tersebut di depan buah hati secara rutin untuk mendapatkan manfaat ini.

“Pesan utama penelitian ini adalah orangtua harus terlibat aktif saat membacakan buku pada buah hatinya. Ketika anak bertanya, maka orangtua harus mampu menjawab sehingga timbul interaksi,” ujar John Hutton, peneliti utama.

Pemeriksaan Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI) menemukan, aktivasi otak secara signifikan lebih besar pada anak berusia empat tahun ketika mereka sering mendengarkan cerita dan aktif mengajukan pertanyaan.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti melibatkan 22 anak perempuan berusia 4 tahun untuk mengeksplorasi hubungan antara interaksi antara ibu dan anak selama mendengarkan cerita.

Anak-anak yang menunjukkan minat lebih besar dalam proses tersebut mengalami peningkatan aktivitas di otak sebelah kanan yang bertanggung jawab dalam fungsi kognitif.

“Temuan kami menggarisbawahi pentingnya keterlibatan orangtua dan anak, termasuk mencegah penggunaan ponsel pada anak yang kini sudah mulai mewabah,” tandas dia.

(Zeenews/suara.com/muh)

Related Posts