Air Kaktus Juga Menyehatkan, Berani Coba?

Thetanjungpuratimes.com – Khasiat air kelapa dalam mengatasi dehidrasi telah teruji. Kandungan elektrolit di dalamnya menjadi alasan mengapa air kelapa dapat memuaskan dahaga lebih cepat di bandingkan jenis minuman lain.

Namun, tahukah Anda ada jenis air lainnya yang ternyata memiliki khasiat sama dengan air kelapa. Sebuah perusahaan di Amerika, Steaz dan CaliWater, merilis air kaktus yang diyakini lebih ampuh mengatasi dehidrasi.

CaliWater mengklaim produk yang mereka miliki mengandung gula dan kalori yang lebih sedikit dibandingkan air kelapa. Selain itu, tidak mengandung bahan pengawet atau pewarna tambahan.

Produk minuman air kaktus mengandung ekstrak kaktus, air, gula tebu organik, jus lemon yang dapat membuang racun dalam tubuh dengan kombinasi elektrolit, vitamin, mineral, dan antioksidan bernama betalain. Praktis dengan bahan-bahan tersebut, CaliWater mengklaim air kaktus juga dapat mencegah timbulnya penyakit degeneratif serta menjaga kesehatan kulit.

Lalu bagaimana kata pakar kesehatan? Benarkah kaktus dapat memberi manfaat kesehatan jika diminum?

“Kaktus memang mengandung taurine. Yakni asam amino yang secara alami diproduksi tubuh, berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, dan memperbaiki kerusakan jaringan otot tubuh,” ujar ahli gizi Lae Shira Lenchewski seperti dilansir dari Medical Daily.

Dengan kandungan ini, Lenchewski mengamini air kaktus dapat membantu meningkatkan kinerja atletik dan mengatasi kelelahan.

Pakar kulit di New York, Dr. Judith Hellman, MD, juga memiliki pendapat sama. Menurut dia, kaktus memiliki antioksidan, vitamin, mineral yang dapat mencegah peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan, kaktus di Meksiko dikonsumsi karena dapat menurunkan kadar gula darah terkait diabetes tipe 2. Kaktus juga dapat mengatasi kolesterol tinggi, obesitas hingga  diare.

Jadi air kaktus memang benar-benar memiliki manfaat kesehatan. Anda bahkan bisa mendapatkan manfaat perlindungan diabetes dengan mengonsumsi 100-500 gram batang kaktus.

(Suara.com/dsdespi)

Related Posts