Beberapa Negara Arab Putuskan Hubungan dengan Qatar

Thetanjungpuratimes.com – Sejumlah negara-negara Arab memutuskan hubungan dengan Qatar. Keputusan itu diambil pada Senin (5/6/2017). Mereka menuding Qatar mendukung gerakan terorisme.

Arab Saudi menjadi pihak pertama yang memilih berpisah dengan Qatar. Bukan hanya hubungan diplomatik, negara kaya minyak itu juga memutuskan hubungan dengan darat, laut, dan udara.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi juga meminta seluruh warga Qatar untuk segera meninggalkan wilayahnya dalam waktu 14 hari.

“Kerajaan Arab Saudi telah mengambil keputusan ini sebagai akibat dari pelanggaran serius dan sistematis yang dilakukan oleh pihak berwenang di Doha selama beberapa tahun terakhir,” demikian pengumuman Saudi Press Agency.

Seperti dilansir Al Arabiya, Bahrain yang menjadi sekutu Arab Saudi juga memilih hal yang sama. Manama akan segera mengumumkan perpisahannya dengan Qatar dengan menjelaskan alasannya.

“Beberapa kebijakan Qatar sangat membahayakan stabilitas dan keamanan Kerajaan Bahrain dan campur tangan dalam urusannya,”

Selain Bahrain, Uni Emirates Arab segara mengirimkan surat diplomatik kepada Qatar agar segara memulangkan Duta Besar dan warganya dari Abu Dhabi dalam waktu 14 hari. UEA juga melarang pesawat Emirates melintasi wilayah udara Qatar.

Mesir juga ikut-ikutan putus hubungan diplomatik dengan Qatar. Mesir menuduh pemerintah Qatar mendukung Ikhwanul Muslimin yang telah ditetapkan sebagai teroris.

“Qatar mendukung al-Qaeda, dan memberikan dukungan kepada ISIS dan operasi teroris di Sinai. Qatar telah berkeras untuk mencampuri urusan dalam negeri Mesir,” bunyi pernyataan tersebut.

Mesir juga menyatakan akan menutup wilayah udara dan pelabuhan lautnya agar tidak bisa dilintasi maskapai Qatar.

(Reuters/rimanews.com/dsdespi)

Related Posts