BPOM Kalbar Temukan Kue Pasung Mengandung Borak di Sambas

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kalimantan Barat (Kalbar) menemukan juadah puasa mengandung borak di Kabupaten Sambas.

“Di Sambas kita temukan dua makanan mengandung borak, dan itu sudah ditindaklanjuti oleh dinas kesehatan setempat. Itu makanan tradisional kue pasung itu loh,” ungkap Kepala Balai POM Kalbar, Corry Panjaitan, Kamis (8/6).

Diakui Corry,  pada minggu pertama bulan Ramadan, pihaknya juga telah melakukan pengawasan jajanan buka puasa di Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, Sambas dan Singkawang.

“Tak ditemukan makanan yang berbahaya, kecuali di Sambas itu tadi,” tambahnya.

Saat ini, lanjut Corry, BPOM Kalbar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, dan Disperindag setempat melakukan pemeriksaan pada Kabupaten Landak, Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi,  Kayong Utara dan Ketapang.

“Jadi harapan saya minggu ini sudah selesai pemeriksaannya,” ucapnya.

Ia menegaskan agar para pembuat panganan tak mencampurkan barang berbahaya tersebut. Pihaknya akan mengambil tindakan tegas jika terbukti hal itu dilakukan dengan sengaja.

Kepada konsumen ia menghimbau untuk selektif memilih jajajan buka puasa agar terhindar dari efek negatif dari mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi dengan zat berbahaya tersebut.

(Agustiandi/Faisal)

Related Posts