Lakukan Hal Ini untuk Mengurangi Stres di Tempat Kerja

Thetanjungpuratimes.com – Rutinitas pekerjaan yang dilakukan setiap hari atau banyaknya pekerjaan dapat memicu stres. Tantangan dalam bekerja itu banyak macamnya. Mulai dari target bulanan yang perlu dicapai, performa kerja yang perlu ditingkatkan, deadline pekerjaan, sampai masalah sosial dengan teman sekantor. Dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut, secara tidak sadar kamu bisa terkena stres juga.

Cari tempat untuk pelepas penatmu
Jika stres atau kejenuhan melanda tentu Anda akan menjadi tidak semangat bekerja di kantor. Untuk meghilangkannya Anda bisa berjalan–jalan di lingkungan kantor untuk menghilangkan penat karena pekerjaan.

Mendengarkan musik
Tahukah Anda salah satu ciri orang jenius adalah senang mendengarkan musik. Karena dengan mendengarkan musik selain kamu akan menjadi lebih rileks, mendengarkan musik  juga dapat mengurangi tingkat stres kamu. Sama seperti sayuran hijau yang dapat meningkatkan mood, musik juga mempunyai dapat mengembalikan mood kamu.

Memesan makanan favorit
Kalau lagi stres, salah satu obat yang bisa menyembuhkan adalah makanan kesukaan. Kalau makanan kesukaanmu nggak ada di kantin kantor,  bisa memesannya via ojek online. Dengan menikmati makanan kesukaan itu, tingkat stres bisa sedikit berkurang.

Mengobrol santai dengan teman kerja
Bekerja dengan serius itu perlu. Namun jangan lupa untuk sesekali bercanda dengan teman-temanmu. Ada saatnya Anda bekerja dengan santai. Bercanda dengan teman-teman di kantor bisa mengendurkan otot-ototmu yang tegang, apalagi setelah seharian bekerja dan dikejar target.

Jangan pernah menunda pekerjaan
Sering kali Anda tidak sadar, bahwa dengan menunda pekerjaan justru menjadi pemicu kamu stres ditempat kerja. Semakin sering  menunda pekerjaan, akan semakin menumpuk pekerjaan. Kerjakanlah pekerjaan Anda dengan segera, buatlah daftar prioritas pekerjaan. Dengan begitu akan membantu Anda bekerja secara efektif dan disiplin. Pekerjaan yang lebih cepat selesai akan membuat otak dan hati Andalebih nyaman karena tidak harus terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan.

Butuh Liburan
Kalau semua cara di atas sudah kamu coba tapi masih merasa stres juga. Itu tandanya Anda perlu liburan. Liburan tidak melulu perkara pergi ke tempat wisata yang mahal-mahal. Ambil cuti sehari-dua hari dan menepikan diri dari pekerjaan untuk melakukan hobi atau aktivitas yang lain, mungkin cukup untuk meredakan. Yang penting selama masa ‘nyepimu’ itu kamu merasa lebih rileks dan tenang.

(Laruno/Suara.com/dsdespi)

Related Posts